Seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak
akanlepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di
sekolahnya,dan setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai
dengan aturan dantata tertib yang berlaku di sekolahnya. Kepatuhan dan
ketaatan siswa terhadapberbagai aturan dan tata tertib yang berlaku di
sekolahnya itu biasa disebutdisiplin siswa. Sedangkan peraturan, tata
tertib, dan berbagai ketentuanlainnya yang berupaya mengatur perilaku
siswa disebut disiplin sekolah.Disiplin sekolah adalah usaha sekolah
untuk memelihara perilaku siswa agartidak menyimpang dan dapat mendorong
siswa untuk berperilaku sesuaidengan norma, peraturan dan tata tertib
yang berlaku di sekolah. Menurut Thoma Gordon yang diterjemahkan oleh
Suprayitnomengartikan bahwa kedisiplinan sekolah adalah :Melatih,
memberi pengarahan untuk tujuan tertentu melatih dengan intensif,memberi
intruksi, mengajar ekstra, memberi pelajaran, melatih memperbaiki
memajukan, menanamkan, mendasar.Sedangkan kedisiplinan sekolahmenurut
Harris Clemes adalah sebagai berikut :Hubungan antara anggota-anggota
personal sekolah menawarkan suatudasar pengambilan keputusan dan
menjadikannya model di dalam caramengadakan perubahan yang seharusnya
terjadi di dalam sekolah.
Dari beberapa pendapat di atas dapat diambil kesimpulan bahwakedisiplinan sekolah adalah proses belajar untuk mematuhi aturan dalambersikap, berprilaku, mengendalikan diri dan keadaan, dan mentaati peraturanyang berlaku di sekolah.Kedisiplinan adalah suatu latihan batin yang tercermin dalam tingkahlaku yang bertujuan agar orang selalu patuh pada peraturan. Dengan adanyakedisiplinan diharapkan anak didik mendisiplinkan diri dalam mentaatiperaturan sekolah sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan lancardan memudahkan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu, anak didikperlu dibimbing atau ditunjukkan mana perbuatan yang melanggar tata tertibdan mana perbuatan yang menunjang terlaksananya proses belajar mengajardengan baik.Perbuatan-perbuatan yang merupakan masalah pelanggaran disiplinantara lain datang terlambat, tidak mengumpulkan tugas pekerjaan rumah (PR), berkelahi, membolos, membantah perintah guru,
Dari beberapa pendapat di atas dapat diambil kesimpulan bahwakedisiplinan sekolah adalah proses belajar untuk mematuhi aturan dalambersikap, berprilaku, mengendalikan diri dan keadaan, dan mentaati peraturanyang berlaku di sekolah.Kedisiplinan adalah suatu latihan batin yang tercermin dalam tingkahlaku yang bertujuan agar orang selalu patuh pada peraturan. Dengan adanyakedisiplinan diharapkan anak didik mendisiplinkan diri dalam mentaatiperaturan sekolah sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan lancardan memudahkan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu, anak didikperlu dibimbing atau ditunjukkan mana perbuatan yang melanggar tata tertibdan mana perbuatan yang menunjang terlaksananya proses belajar mengajardengan baik.Perbuatan-perbuatan yang merupakan masalah pelanggaran disiplinantara lain datang terlambat, tidak mengumpulkan tugas pekerjaan rumah (PR), berkelahi, membolos, membantah perintah guru,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar